TERIMA KASIH KEPADA SELURUH DONATUR YANG TELAH MENGINFAQKAN REZEKI, TENAGA, PIKIRAN DAN WAKTUNYA SEHINGGA PEMBANGUNAN MASJID AN NUR TELAH SELESAI 100%. SEMOGA ALLAH SWT MEMBALAS SEGALA KEBAIKAN KITA SEMUA..AMIN...

Selasa, 04 Oktober 2016

Pengukuran Ulang Arah Kiblat di Masjid An Nur Perumahan Permata Indah Jayapura


Pengukuran ulang Arah Kiblat Masjid An Nur Permata Indah Abepura

        Arah kiblat merupakan arah yang dituju oleh umat Islam dalam melaksanakan ibadah khususnya shalat, yaitu menghadap ke arah ka’bah di Masjidil Haram. Kata Kiblat berarti Ka’bah yang terletak di dalam Masjidil Haram kota Mekah. Para ulama sepakat menghadap ke arah kiblat merupakan syarat sahnya shalat, maka kaum muslimin wajib menghadap ke arah kiblat dalam melakukan ibadah shalat. Dengan demikian arah kiblat adalah suatu arah (kiblat di Mekah) yang wajib dituju oleh umat Islam ketika ibadah shalat. 

     Berkaitan dengan rencana renovasi total pembangunan Masjid An Nur Perumahan Permata Indah Kali Acai Abepura, maka Panitia telah mengirimkan  surat permohonan kepada Kanwil Kementrian Agama Provinsi Papua, untuk dapat mengirimkan Tim Bersama untuk melakukan pengukuran ulang arah kiblat di Masjid An Nur Perumahan Permata Indah Kali Acai Abepura Kota Jayapura.

    Kegiatan pengukuran arah kiblat di Masjid An Nur Perumahan Permata Indah dilaksanakan oleh Tim Bersama Kanwil Kementrian Agama Prov. Papua pada tanggal 29 September 2016 atau 5 hari setelah dilaksanakannya peletakan batu pertama renovasi pembangunan Masjid An Nur. Kegiatan pengukuran ulang arah kiblat ini dimulai pukul 13.20 Wit, dimana tim pengukuran arah kiblat ini terdiri dari Bidang Syaria'h Kanwil Depag Prov. Papua, STAIN Al Fatah Jayapura dan perwakilan dari BMKG 

       Dari hasil diskusi bersama dengan Pengurus Masjid An Nur Permata Indah, terungkap bahwa, sejak Masjid An Nur tersebut didirikan pada tahun 2012 yang lalu , shof para jamaah dalam melaksanakan salat wajib maupunn sunnah ternyata arah kiblatnya masih lurus mengikuti bentuk bangunan.
        Dari hasil pengukuran Tim Bersama dari Kanwil Kementrian Agama Prov. Papua yang dipimpin oleh Drs. Umar Bauw Al Bintuni, ditemukan ada pergeseran arah kiblat sebesar (+ 1,2 derajat) dari arah kiblat semula. 
      Berikut ini rangkaian dokumentasi pelaksanaan Pengukuran Ulang Arah Kiblat di Masjid An Nur Perumahan Permata Indah Kali Acai Abepura :



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar